Profil Sekolah

PROFIL SEKOLAH
- Visi Sekolah
“Terwujudnya lulusan yang Beriman, Cerdas, Berkarakter, Unggul dan Peduli Lingkungan”.
- Misi Sekolah
- Memberdayakan seluruh sumber daya sekolah untuk membentuk kepribadian muslim yang sesuai dengan kaidah Muhammadiyah.
- Mengembangkan pembelajaran aktif, innovative, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mengembangkan potensi pelajar secara optimal.
- Menerapkan manajemen perubahan sebagai strategi percepatan pembaharuan sekolah.
- Mengidentifikasi, mengembangkan, dan memfasilitasi pencapaian prestasi minat dan bakat pelajar.
- Mengembangkan dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun 6 kemampuan literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial) dengan berlandaskan prinsip kejujuran dan kemandirian dengan memperhatikan bakat dan minat pelajar.
- Memfasilitasi terlampauinya capaian kompetensi minimal tingkat SMA oleh peserta pelajar melalui matrikulasi, pemantauan perkembangan belajar, identifikasi permasalahan belajar, perbaikan, pendampingan, pengembangan dan kerjasama dengan orang tua.
- Membimbing pelajar menghasilkan suatu karya ilmiah yang orisinil, dapat dipertanggungjawabkan dan tepat guna.
SEJARAH PERKEMBANGAN SEKOLAH
SMA Muhammadiyah 4 Jakarta merupakan Sekolah Menengah Atas Swasta Islam, dimana pengelolaannya di bawah persyarikatan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati bidang pendidikan dasar dan menengah dan menjadi salah satu Amal Usaha Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kramat Jati. Sekolah ini berdiri di lokasi strategis di perkotaan pinggir jalan raya, yaitu jalan Dewi Sartika Nomor 316 A, kelurahan cawang kecamatan kramat jati Jakarta timur.
SMA Muhammadiyah 4 Jakarta didirikan sejak tahun 1964. Dari tahun tersebut sampai dengan sekarang, telah mengalami pergantian beberapa kepala sekolah dan waktu belajar, sebagai berikut :
No |
Tahun |
Nama Kepala Sekolah |
|
1. | 1964 s/d 1969 |
|
|
2. | 1969 s/d 1970 |
|
|
3. | 1970 s/d 1971 | Presidium :
|
|
4. | 1971 s/d 1972 |
|
5. | 1972 s/d 1982 |
|
|
6. | 1972 s/d 1974 |
|
|
7. | 1972 s/d 1974 |
|
|
8. | 1975 s/d 1976 |
|
|
9. | 1976 s/d 1995 |
|
|
10. | 1985 s/d 1992 |
|
|
11. | 1992 |
|
|
12. | 1992 s/d 1995 |
|
|
13. | Agustus 1995 s/d
September 1996 |
|
|
14. | 1995 – 1999 |
|
|
15. | 1999 s/d 2001 |
|
|
16. | November 2001 |
|
|
17. | Nopember 2010
s/d Juli 2013 |
|
|
18. | 7 Juli 2013 s/d 7
Juli 2017 |
|
|
19. | 23 Mei 2017 s/d Sekarang |
|
KEADAAN PESERTA DIDIK
Tabel Nilai Masukan Tahun 2023-2024
Jumlah |
Persentase |
Nilai Ijasah SMP yang diterima |
|||
Peminat |
Diterima |
Tertinggi |
Terendah |
Rata-rata |
|
380 orang | 322 orang | 84 % | 89,50 | 75,00 | 82,25 |
Tabel Jumlah Rombongan Belajar
No |
Rombel |
Program/Jurusan |
Jumlah |
1. | X | – | 9 Rombel |
2. | XI | MIPA | 8 Rombel |
4. | XII | MIPA | 5 Rombel |
5. | IPS | 3 Rombel | |
Jumlah Rombel | 25 Rombel |
Tabel Jumlah Peserta Didik
No |
Kelas |
Jumlah |
Jumlah Seluruhnya |
|
Laki-Laki |
Perempuan |
|||
1. | X | 157 | 164 | 321 |
2. | XI | 134 | 118 | 252 |
3. | XII | 119 | 148 | 267 |
Jumlah Seluruhnya | 840 |
Tabel Tamatan / Keluaran :
No |
Tahun Pelajaran |
Jumlah Lulusan |
Jumlah diterima PTN |
Prosentase diterima PTN |
1. | 2021/2022 | 129 | 55 | 43 % |
2. | 2022/2023 | 251 | 106 | 42 % |
3. | 2023/2024 | 266 | 121 | 45 % |